Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 April 2011

Makanan Sehat Yang Dapat Memicu Energi


Timbun energi dengan makanan sehat.

Selain olahraga, pemilihan waktu makan juga bisa memengaruhi seberapa banyak energi yang akan dimiliki tubuh. Karena itu, kita perlu paham faktor-faktor apa saja yang membuat makanan yang hendak kita konsumsi dapat mendongkrak energi.

Faktor 1 : Pemilihan waktu adalah segalanya.
Tubuh kita butuh bahan bakar, seperti mobil. Dan jika kita terlambat mengisi bahan bakarnya, maka tubuh akan ‘mencurinya’ dari jaringan otot. Padahal target kita adalah untuk meningkatkan pembakaran lemak, bukan untuk kehilangan massa otot yang bisa membentuk postur tubuh yang indah.
“Jadi pesannya jelas, jangan biarkan tanki bahan bakar kita sampai kosong,” ucap Dan Benardot, PhD., RD., FACSM., peneliti nutrisi dan profesor nutrisi dari Georgia State University, Atlanta. “Dan kunci agar metabolisme tubuh tetap optimal adalah dengan makan di jam yang teratur. Agar gula darah kita stabil dan pembakaran kalori berlangsung sempurna.”
Yang terjadi jika kita tak makan teratur, apalagi sampai perut merasa ‘keroncongan’ maka kita akan makan berlebihan. Karena tubuh kekurangan insulin, sehingga memicu otak untuk mengeluarkan signal mencari makanan berkarbohidrat tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan insulin. “Alhasil lemak lebih cepat dibentuk karena insulin memperlambat pembakaran lemak,” Benardot menambahkan.

Faktor 2 : Jangan lupakan vitamin dan mineral untuk membuat sel tubuh bekerja lebih gesit.
Jika berbicara mengenai makanan, kita seringnya menyinggung soal karbohidrat, protein, dan lemak yang ada dalam makanan. Dan tanpa disadari kita melupakan vitamin serta mineral. Meskipun keduanya tidak langsung memberikan energi, tapi vitamin dan mineral adalah nutrisi yang diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi. Tanpa keduanya, proses pemecahan makanan menjadi energi akan berjalan lambat.

Faktor 3 : Pilihlah makanan yang tinggi oktan-nya
Makanan pemberi energi yang terbaik bagi tubuh adalah makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, antioksidan, serat, vitamin, dan mineral. Nikmati makanan ini dengan makanan berlemak sehat, maka tubuh akan menerimanya sebagai makanan sehat penghasil energi terbaik.
Penasaran makanan apa saja yang bisa memenuhi semua kebutuhan tubuh itu? Inilah daftar lengkapnya:
blueberries, kacang-kacangan, blewah, stroberi, bayam, salmon, teh, tomat, kacang kedelai, oatmeal, gandum utuh, jeruk, dan kentang manis.
Setelah kita menerapkan 3 rumus di atas, tubuh tak hanya lebih bersemangat untuk beraktivitas saja. Tapi energi yang penuh juga akan membuat kita lebih optimis dan antusias untuk melakukan apapun juga.
Selamat beraktivitas...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar