Total Tayangan Halaman

Kamis, 14 April 2011

Penyebab Sulit Tidur

Masalah sulit tidur kadang datang menghinggapi. Apa teman Bergaul juga suka mengalami sulit tidur di malam hari? Ada sebab ada akibat apa penyebab seseorang mengalami masalah sulit tidur?



Stres

Kalau teman Bergaul adalah tipikal orang yang mudah terserang stress bisanya juga menghadapi masalah sulit tidur. Tahu nggak kalau hormon stres tetap diproduksi pada waktu kamu akan tidur mereka akan menghambat produksi melatonin yaitu hormon yang mengatur ritme circadian (semacam arloji 24 jam di tubuhmu). Kalau kamu sedang stress biasanya akan membuatmu sulit tidur di malam hari. Karena itu jangannya berpikir yang berat-berat sebelum tidur dan rilekskan pikiranmu. Bersikaplah positif terhadap segala masalah yang ada.


Sibuk dengan gadget atau elektronik

Sudah larut malam kamu masih sibuk dengan handphone atau blackberrymu sibuk berchatting ria atau berbalas sms dengan kawan. Atau kamu masih asyik main game dengan komputermu. Mmhhh… Tahu nggak teman Bergaul kalau ternyata saat kita memakai komputer kita membutuhkan kekuatan otak yang lebih. Sebaiknya kamu juga mematikan alat elektronik yang biasa menghiburmu agar otakmu bisa rileks.


Makanan penyebab sulit tidur

Makan terlalu kenyang atau merasa lapar dapat mengganggu waktu tidur. Penyebabnya hipoglikemia atau turunnya kadar gula darah. Hindari makanan yang membuat sulit tidur seperti kopi teh cola snack atau minuman cokelat makanan tinggi lemak gula protein MSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar