Total Tayangan Halaman

Kamis, 14 April 2011

Bahaya Oral Seks

Pernahkah teman mendengar istilah oral seks? Ternyata aktivitas oral seks beresiko menularkan berbagai penyakit tertentu bagi pasangan. Salah satunya adalah resiko terjangkit kanker mulut dan tenggorokan. Benarkah fakta tersebut?

“Ya Anda bisa terjangkit kanker tenggorokan dari kebiasaan melakukan oral seks” kata Otis Brawley MD American Cancer Society Chief Medical Officer Seperti yang dikutip dari WebMD.

Ternyata bukan hanya rokok dan minuman berakohol yang dapat memicu penyakit kanker tenggorokan. Tapi ada faktor pemicu lainnya yakni seseorang yang sering melakukan aktivitas oral seks rentan terserang kanker tenggorokan.



Bagaimana bisa terjadi?

Oral seks merupakan salah satu cara berpindahnya human papillomavirus (HPV) yaitu virus penyebab utama terjadinya kanker servik dari servik ke mulut yang bisa menyebabnya munculnya kanker mulut.

Menurut seorang pakar seksologi Dr. Ferryal Loetan mengatakan bahwa oral sex yang dilakukan oleh wanita terhadap pria dapat memungkinkan penularan penyakit di dalam tubuh. Sebab di dalam mulut terdapat banyak air liur. Beberapa kuman maupun bakteri memang ada yang tidak tahan dengan zat-zat yang ada di dalam air liur tersebut namun tidak semuanya. Demikian pula dengan berbagai macam jamur termasuk virus yang sering ada di badan manusia. Dimana yang menerima oral mempunyai penyakit maka dapat saja menularkan penyakitnya kepada yang memberikan oral begitu pula sebaliknya.

Tidak hanya itu oral seks juga bisa menyebabkan penyakit herpes di mulut atau penyakit alat kelamin. Seperti chlamydia dan gonorrhea yang menyerang pada bagian tenggorkan HIV HPV sipilis dan Hepatitis A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar